Sering di Rumah, Tommy Kurniawan Ucapkan Alhamdulillah

Sering di Rumah, Tommy Kurniawan Ucapkan Alhamdulillah
Tommy Kurniawan bersama keluarga. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - TOMMY Kurniawan kini sibuk menjalankan bisnis. Efek positifnya, ayah 30 tahun itu jadi punya lebih banyak waktu untuk bermain dengan kedua anaknya. Tommy bercerita tentang keluarga, bisnis, dan ’’kecanduan’’ olahraga.

Ya, menggeluti bisnis memang menjadi cita-cita Tommy sejak dulu, bahkan sebelum terjun ke dunia entertainment. Berbagai bidang bisnis pernah dijajal. Mulai bisnis restoran Jepang, hewan kurban menjelang Idul Adha, sampai batu bara.

Gagal tidak membuat Tommy patah semangat. Kini, Tommy menapak sukses di bidang digital printing dan yang terbaru bisnis es krim potong.

Baru delapan bulan dirintis sejak November 2014, bisnis yang dijalankan dengan sistem franchise itu sudah memiliki hampir 40 cabang di berbagai wilayah mulai Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Pati, Batam, Aceh, Sabang, Makassar, hingga Kendari.

Semua itu dipelajari secara otodidak dan mengandalkan intuisi. Dia tidak punya background pendidikan formal tentang bisnis. Tommy menjadikan kegagalan sebagai media belajar.

’’Sekolah saya bisa dibilang lebih mahal karena praktik langsung dari bisnis-bisnis yang gagal. Saya pelajari kenapa (bisa gagal),’’ kata pria kelahiran 15 September 1984 itu seraya tersenyum kecil.

Tommy sadar harus betul-betul menguasai perhitungan bisnis, membaca arah pertumbuhan ekonomi sebelum memutuskan menjajal satu bidang bisnis tertentu.

’’Dari pengamatan dan pengalaman saya, yang lagi tumbuh adalah sektor mikro, bisnis skala menengah ke bawah,’’ tutur Tommy yang sempat kuliah jurusan hukum tersebut.

TOMMY Kurniawan kini sibuk menjalankan bisnis. Efek positifnya, ayah 30 tahun itu jadi punya lebih banyak waktu untuk bermain dengan kedua anaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News