Sering Digandeng Jokowi, Erick Thohir Makin Populer dan Disukai Masyarakat

Sering Digandeng Jokowi, Erick Thohir Makin Populer dan Disukai Masyarakat
Erick Thohir. Foto: Dok. BUMN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir sering digandeng Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam berbagai kegiatan kenegaraan dan di ruang publik. Kebersamaan tersebut dinilai berdampak positif karena nama Erick Thohir makin populer dan disukai masyarakat luas.

“Kebersamaan seperti itu dari sisi teori komunikasi politik, membuat sosok Erick Thohir itu makin populer dan terima oleh publik,” kata Koordinator Komite Pemilih Indonesia Jeirry Sumampow dalam keterangannya, Jumat (20/10).

Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi memang kerap terlihat didampingi Erick Thohir, dalam menjalankan berbagai agenda.

Terbaru, Jokowi mengajak Erick Thohir yang merupakan menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi ad interim melakukan kunjungan kerja ke China dan Arab Saudi, menghadiri berbagai pertemuan dengan para petinggi negara.

Hal itu berdampak pada meningkatnya elektabilitas Erick Thohir dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) 2024. Dalam rilis survei Poltracking Indonesia pada September, elektabilitas Erick Thohir berada di posisi pertama dengan 19,0 persen.

Elektabilitas Erick Thohir mampu mengungguli nama-nama lainnya.

Erick Thohir mampu mengalahkan Cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Muhaimin Iskandar yang memperoleh 8,1 persen, Mahfud MD 8,0 persen, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 4 persen.

Selain faktor Jokowi, dia menyebut kinerja Erick Thohir di BUMN juga memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap elektabilitas. Keberhasilan Erick memimpin BUMN sangat memuaskan masyarakat yang ingin melihat transformasi di perusahaan pelat merah.

Dalam sejumlah kesempatan, Jokowi memang kerap terlihat didampingi Erick Thohir, dalam menjalankan berbagai agenda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News