Sering Kencing Saat Hamil, Ini 6 Kiat Mengatasinya

Sering Kencing Saat Hamil, Ini 6 Kiat Mengatasinya
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com - Wanita hamil bisa merasakan berbagai gejala yang tidak pernah dikeluhkan sebelumnya, salah satunya adalah sering kencing. Keluhan sering kencing saat hamil ini seringkali tidak berbahaya, namun cukup membuat wanita hamil kurang nyaman.

Bagaimana cara mengatasi sering kencing saat hamil?

Dilansir dari What to Expect, sering kencing saat hamil bisa menjadi salah satu gejala yang dirasakan di trimester satu. Walaupun seringkali membaik di trimester kedua, namun saat hamil trimester tiga, keluhan ini sering muncul kembali.

Seringkali, penyebab keluhan ini adalah kondisi kehamilan itu sendiri. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil menyebabkan lebih banyak darah mengalir ke organ-organ panggul, termasuk ginjal.

Akibatnya ginjal akan menyaring lebih banyak darah dari biasanya, sehingga menghasilkan lebih banyak air seni yang perlu dibuang.

Bagi mereka yang sedang hamil tua, rahim yang membesar atau kepala bayi yang mulai turun ke rongga panggul dapat menekan kandung kemih, sehingga menimbulkan rasa ingin kencing terus-menerus. Berikut beberapa kiat mengatasinya!

1. Perhatikan cara berkemih

Saat Anda kencing, usahakan untuk bersandar ke depan, dengan menopangkan lengan bawah pada lutut. Anda juga dapat mencoba teknik “double pee” yaitu mencoba untuk kencing kembali setelah selesai berkemih. Kedua hal ini dapat membantu mengosongkan kandung kemih dengan efektif.

Sering kencing saat hamil bisa menjadi salah satu gejala yang dirasakan di trimester satu. Walaupun seringkali membaik di trimester kedua, namun saat hamil trimester tiga, keluhan ini sering muncul kembali.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News