Sering Konsumsi Minuman Alkohol Rentan Kena Kanker Hati?

Sering Konsumsi Minuman Alkohol Rentan Kena Kanker Hati?
Pesta Minuman Beralkohol. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Kanker hati adalah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian. Berdasarkan riset WHO 2015, kanker hati bertanggung jawab atas lebih dari 700 ribu kematian, dari 9 juta kematian akibat kanker.

Meski penyebab kanker sebenarnya belum diketahui pasti, namun penyakit ini sering dikaitkan dengan beberapa faktor risiko, seperti gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan minum alkohol.

"Kalau alkohol berdiri sendiri menjadi penyebab kanker hati, itu tidak bisa. Sejauh ini memang penyebab kanker hati masih belum diketahui secara pasti. Tapi, alkohol memang merusak organ hati," ujar dr. Atika dari KlikDokter.

Alkohol bisa merusak hati

Tidak hanya menyebabkan mabuk, alkohol bisa berefek jangka panjang bagi kesehatan tubuh. Menurut dr. Atika, saat dikonsumsi dalam jumlah besar maupun dalam jangka waktu lama, alkohol dapat memunculkan gangguan hati yang disebut sebagai penyakit perlemakan hati akibat alkohol (alcoholic fatty liver disease).

Mekanisme pasti alasan terjadi penumpukan lemak pada pengonsumsi alkohol kronik masih belum jelas. Namun, hal ini diperkirakan berhubungan dengan kegagalan hati mencerna lemak dari proses metabolisme alkohol.

Hal ini bisa berlangsung cepat, bahkan hanya dua hari setelah mengonsumsi alkohol dalam jumlah sangat tinggi. Biasanya, akan tampak perubahan berupa munculnya lemak pada sel-sel hati setelah banyak mengonsumsi alkohol.

Hanya saja, bila konsumsi alkohol dihentikan, hati akan kembali normal. Lain halnya bila konsumsi alkohol dilanjutkan dalam jangka waktu lama, misalnya 10 atau 20 tahun.

Kanker hati sering dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya kebiasaan minum alkohol.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News