Sering Nonton Konser Musik? Waspada dengan Risiko Ini!

Sering Nonton Konser Musik? Waspada dengan Risiko Ini!
Antusiasme penonton di arena konser musik Rock di stadion Panahan, Tenggarong, Kutai Katanegara, Kaltim, Minggu (9/3). Konser bertajuk Kukar Rcokin Fest 2014 ini merupakan konser gratis dan terbesar yang diadakan untuk ketiga kalinya. Foto: Adi/Kaltim/JPNN.com Ilustrasi : Adi/Kaltim

jpnn.com - Anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan mendengar sesuatu jika Anda menghadiri festival musik dan tidak mengenakan penutup telinga.

Individu dalam kategori ini lebih mungkin mengalami kehilangan pendengaran sementara setelah konser, menurut penelitian kecil tetapi menarik dari Belanda.

"Selama dua dekade terakhir, prevalensi gangguan pendengaran di kalangan orang muda telah meningkat, sebagian karena meningkatnya popularitas mengunjungi konser musik, klub dan festival," kata para peneliti, seperti dilansir laman India Times, Sabtu (16/6).

Untuk menyelidiki faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pendengaran yang diinduksi oleh kebisingan di musik, para peneliti menganalisis data yang diambil dari festival musik 4,5 jam di Amsterdam.

Peserta penelitian, yang termasuk 18 pria dan 33 wanita dengan usia rata-rata 27 tahun, diberikan kuesioner sebelum dan sesudah acara.

Subyek ditanya tentang perilaku, pendengaran dan tinnitus, atau dering di telinga.

Tidak menggunakan penutup telinga adalah faktor yang paling penting kehilangan pendengaran sementara, diikuti oleh alkohol dan penggunaan narkoba selama festival dan menjadi laki-laki.

"Untuk saat ini, faktor yang terkait dengan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan di festival musik belum dianalisis dalam satu set data komprehensif," jelas para peneliti.

Anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan mendengar sesuatu jika Anda menghadiri festival musik dan tidak mengenakan penutup telinga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News