Sering Sakit Perut Sebelah Kiri? Ketahui Penyebabnya

Sering Sakit Perut Sebelah Kiri? Ketahui Penyebabnya
Sakit perut sebelah kiri. ILUSTRASI. Foto: Laman India Times

jpnn.com - Sakit perut sebelah kiri adalah salah satu keluhan yang cukup sering terjadi. Apakah Anda termasuk yang pernah atau bahkan sering mengalaminya? Kondisi ini dapat menyebabkan beragam keluhan, mulai dari begah, kembung  dan mual, hingga nyeri perut melilit.

Penyebab keluhan ini sebenarnya dapat diperkirakan dari letak munculnya keluhan. Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang dibedakan menjadi perut kiri bagian atas dan perut kiri bagian bawah. 

Sakit Perut Sebelah Kiri Atas

Beberapa penyebab nyeri perut sebelah kiri atas antara lain:

1. Gastritis dan Tukak Lambung

Gastritis (radang lambung) dan tukak lambung (luka di dinding lambung) merupakan dua kondisi yang sering menyebabkan sakit perut sebelah kiri atas. Anda dapat mengalami rasa penuh di bagian perut, mual maupun muntah, serta nyeri perut.

2. Pankreatitis Akut

Pankreatitis atau radang kelenjar pankreas menimbulkan sakit perut hebat sebelah kiri atas, yang dapat menjalar ke punggung. Kondisi ini dapat disertai demam tinggi. Apabila Anda mengalaminya, diperlukan penanganan sesegera mungkin karena termasuk golongan penyakit yang berbahaya.

Sakit perut sebelah kiri ini dapat menyebabkan beragam keluhan, mulai dari begah, kembung dan mual, hingga nyeri perut melilit.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News