JPNN.com

Kenali Enam Tanda Sakit Perut yang Tak Biasa

Rabu, 18 September 2019 – 16:23 WIB Kenali Enam Tanda Sakit Perut yang Tak Biasa - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sakit perut umumnya terjadi karena gangguan pencernaan atau bisa juga ada penumpukan gas berlebih akibat asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Meski umum terjadi, sakit perut juga perlu diwaspadai sebagai awal sesuatu penyakit.

Gangguan pada sistem pencernaan tubuh yang menyebabkan sakit perut ada bermacam-macam, bisa karena peradangan, infeksi atau penyumbatan di salah satu organ. Kondisi tersebut akan memicu rasa sakit, nyeri, dan kram di area sekitar perut, mulai dari pinggang hingga perut bagian atas.

Dilansir Medical Daily, berikut tanda-tanda sakit perut yang harus diketahui.

1. Nyeri perut setelah makan banyak

Rasa sakit yang luar biasa di perut setelah makan besar yang tidak hilang bisa menjadi pertanda serangan kandung empedu, kata Hardeep Singh, MD, ahli gastroenterologi di St. Joseph Hospital.

Tugas utama kantong empedu menyimpan empedu dan mendistribusikannya ke usus kecil untuk membantu pencernaan lemak. Ketika organ kecil berbentuk buah pir yang terletak di bawah hati itu tersumbat dan meradang, maka bisa menyebabkan penyakit kantong empedu.

2. Nyeri samar di perut bagian atas

Robert Glatter, MD, juru bicara American College of Emergency Physicians (ACEP) mengatakan, rasa sakit yang tidak jelas di perut bagian atas atau tengah disertai mual dan sendawa dapat memberi tahu Anda tentang serangan jantung. Muntah yang terkait dengan nyeri punggung atau rahang dan sesak napas juga bisa mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan segera.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...