Server Diduga Kena Virus, UNBK Sempat Molor 90 Menit

Server Diduga Kena Virus, UNBK Sempat Molor 90 Menit
Ujian siswi/siswa Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartini Batam, terpaksa molor karena server rusak. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Proses pelaksanaan Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartini Batam, Kepri, Senin (10/4), molor hingga 90 menit dari jadwal.

Penyebabnya, server komputer rusak atau mengalami gangguan.

"Kalau jaringan internetnya oke, kemungkinan besar karena virus," ujar Kepala SMA Kartini Batam, Hani Muslimah kepada Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Dijelaksan Hani, kerusakan server itu diluar dugaan pihak sekolah. Pasalnya, pihak sekolah telah melakukan persiapan sejak Jumat (7/4) hingga Sabtu (8/4) lalu. Dari persiapan yang dilakukan itu, diakui Hani tidak ada kendala apapun.

"Pagi tadi (kemarin) saat kita mulai prepare (mempersiapkan), disitu sudah tidak mau dibuka lagi," jelasnya.

Akibat gangguan tersebut, pihak sekolah langsung melakukan koordinasi dengan pihak Yayasan, Dinas Pendidikan Kota Batam, Dinas Pendidikan Provinsi hingga Dinas Pendidikan Pusat untuk dilakukan perbaikan.

Perbaikan itu baru selesai sekitar pukul 08.30 WIB. Itupun, tidak semua komputer bisa diakses. Hanya lima puluh persen atau sebanyak 20 unit komputer yang baru bisa diakses. Sementara, sisanya baru bisa diakses beberapa menit kemudian.

"Komputer sisanya itu ada trouble sedikit di kabel LAN-nya. Setelah itu beberapa menit kemudian baru bisa diakses semua," ujarnya.

Proses pelaksanaan Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartini Batam, Kepri, Senin (10/4), molor hingga 90 menit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News