Seskoal Selenggarakan Seminar Maritim Nasional Tahun 2018

Seskoal Selenggarakan Seminar Maritim Nasional Tahun 2018
Menteri Koordinator Kemaritiman RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan menyalami peserta Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2018 di Gedung Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta, Kamis (20/9). Foto: Seskoal

jpnn.com, JAKARTA - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menyelenggarakan Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2018 yang dilaksanakan di Gedung Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (20/9).

Seminar ini mengangkat tema ”Mewujudkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran Yang Optimal Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Poros Maritim Dunia”.

Dalam Seminar Nasional ini menghadirkan pembicara-pembicara hebat. Yaitu Menteri Koordinator Kemaritiman RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Angkatan Laut yang diwakili oleh Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut (Aspam Kasal) Laksamana Muda TNI S. Irawan , Menteri Perhubungan RI yang diwakili oleh Kasubdit Peneggakan Hukum Direktorat Kesatuan Panjagaan Laut Dan Pantai (KPLP) Fourmansyah, Direktur Indonesian National Shipowners' Association (INSA) yang diwakili Sekretaris Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) INSA Budhi Halim dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Melda Kamil Ariadno. Rangkaian Seminar tersebut dipandu oleh Moderator Letkol Laut (P) Dickry Rizanny Nurdiansyah dan Letkol Laut (KH/W) Ammimul Ummah B.

Seskoal Selenggarakan Seminar Maritim Nasional Tahun 2018

Luhut Panjaitan dalam Keynote Speech menyampaikan paparan mengenai “Pembangunan Ekonomi Maritim dan Kebijakan Meningkatkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran”.

Sebagai Pembicara Pertama Kepala Staf Angkatan Laut yang diwakilkan Aspam Kasal Laksamana Muda TNI S. Irawan memaparkan materi “Langkah-langkah dan Peran Nyata TNI Angkatan Laut Dalam Mewujudkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran di Wilayah Perairan Indonesia”. Ia memaparkan tentang berbagai persoalan yang ada sehingga mampu mewujudkan stabilitas keamanan maritim dan keselamatan bagi pengguna laut untuk mendukung visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sebagai Pembicara Kedua Menhub RI yang diwakilkan Kasubdit Peneggakan Hukum Direktorat Kesatuan Panjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Fourmansyah memaparkan materi “Regulasi Keselamatan Pelayaran, Aturan-aturan Pendukung Kelaikan Kapal Berlayar dan Penekanan-Penekanan Bagi Para Pengguna Laut serta Petugas Pendukung Pelayaran (Transportasi Laut). 

Pembicara Ketiga adalah Direktur INSA yang diwakilkan Sekretaris Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) INSA Budhi Halim memaparkan materi “Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Pelayaran, Konsep Kontribusi INSA kepada Pengguna Laut dalam Mendukung Keselamatan Pelayaran serta Harapan INSA terkait Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran” guna mewujudkan konektifitas maritim dalam mendukung poros maritim dunia.

Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menyelenggarakan Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2018 yang dilaksanakan di Markas Seskoal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News