JPNN.com

Sesuaikan 4 Hal Ini Sebelum Mengganti Ukuran Ban Motor

Rabu, 04 September 2019 – 22:38 WIB Sesuaikan 4 Hal Ini Sebelum Mengganti Ukuran Ban Motor - JPNN.com
Ilustrasi ban motor. Foto: Ridha/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Memodifikasi sepeda motor biasanya tidak lepas mengubah ukuran ban, bisa lebih kecil atau lebih besar dari ukuran standar.

Mengaplikasikan ban besar salah satu keuntungannya mendapatkan daya cengkram ke aspal lebih optimal. Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

BACA JUGA: IRC Siapkan Ban Baru Buat Motor Balap dan Harian

1. Pelek
Perhatikan lebar pelek, artinya harus proporsional jangan memaksakan ukuran standar namun dengan ukuran ban lebih besar.

pelek yang proporsional dengan ukuran ban merupakan kunci mendapatkan hasil maksimal. Jika tidak proporsional, dikhawatirkan ban yang terpasang tidak maksimal menyentuh permukaan jalan, sehingga daya cakeramnya pun kurang.

2. Selisih ideal
Selisih ban dengan lebar pelek. Misalnya, pelek standar dengan lebar 2,75 inci maka ban standar 3 inci.

"Jadi, ukuran maksimal ban ialah 3,25 inci atau setara dengan 100/90. Secara garis besar, amannya naik dua tingkat," kata Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, Dodiyanto.

3. Swing Arm
Selanjutnya lebar swing arm. Agar posisinya tidak mentok, disarankan untuk menggunakan swing arm custom. Jadi, posisinya bisa sesuai dengan ukuran ban itu sendiri.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...