Jumat, 14 Desember 2018 – 09:58 WIB

Setahun Anies, Jakarta Lebih Nyaman Bagi Rakyat Kecil

Rabu, 10 Oktober 2018 – 22:06 WIB
Setahun Anies, Jakarta Lebih Nyaman Bagi Rakyat Kecil - JPNN.COM

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan tepat satu tahun memimpin ibu kota pada 16 Oktober 2018 mendatang.

Anggota DPD Fahira Idris menilai dalam setahun ini satu per satu janji kampanye sudah ditunaikan. Anies juga menuntaskan salah satu komitmen besarnya yaitu menghentikan total semua proyek reklamasi di Teluk Jakarta, meskipun diragukan banyak pihak dan ditentang berbagai kekuatan.

Namun, Fahira berujar, selama setahun ini harus diakui bahwa rakyat kecil yang paling merasakan dampak kebijakan maupun program Anies.

Menurut Fahira, cara paling mudah menilai efektivitas dan keberhasilan seorang pemimpin adalah dengan melihat bagaimana respons dan tanggapan orang-orang kecil atau rakyat miskin terhadap kinerja pemimpinnya.

"Rakyat kecil lebih jujur menilai kondisi Jakarta saat ini dari pada pengamat bahkan wakil rakyat sekalipun. Siapa pun tidak bisa membantah bahwa setahun ini Jakarta lebih nyaman bagi rakyat kecil,” kata senator dari DKI Jakarta itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/10).

Fahira mengungkapkan, seorang pemimpin memang harus berpihak dan membela kelompok masyarakat yang lemah dan dilemahkan. Serta menguatkan mereka yang terpinggirkan oleh sebuah sistem dan kebijakan yang tidak mempunyai dimensi keadilan sosial.

Menurut Fahira, era pedagang kaki lima (PKL) dan becak dikejar-kejar, penggusuran warga kampung kota, dan hanya menjadikan rakyat kecil sebagai objek pembangunan sudah berakhir dan tinggal menjadi sejarah kelam Jakarta.

Menurut Fahira, di Jakarta saat ini gubernurnya menjadi pemimpin bagi kolaborasi warga kota yang berdaya dan turut menjadi subjek pembangunan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar