Setelah 62 Tahun, Akhirnya Malaysia...

Setelah 62 Tahun, Akhirnya Malaysia...
Chan Peng Soon (belakang) dan Goh Liu Ying saat melakoni partai final Olimpiade Rio 2016 melawan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Foto: from thestar

jpnn.com, BIRMINGHAM - Final ganda campuran bakal membuka rangkaian partai puncak All England 2017 di Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (12/3) mulai pukul 19.00 WIB nanti.

Andalan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying akan berjumpa dengan ganda Tiongkok Lu Kai/Huang Yaqiong.

Khusus buat Chan/Goh, keberhasilan mereka menembus final All England adalah sebuah sejarah buat Malaysia. Sejak 1955 alias 62 tahun yang lalu, baru kali ini ada nama pemain Malaysia yang bisa menembus final.

Pada final mixed doubles All England 1955, pemain Malaysia David Ewe Choong menembus final, saat itu dia berpasangan dengan June White dari Inggris. David/June harus puas menjadi runner up usai menyerah 7-15, 13-15 dari pasangan Denmark, Finn Kobbero/Kirsten Thorndahl. Dua tahun sebelumnya, David/June menjadi juara setelah mengalahkan Poul Holm/Agnete Friis (Denmark) 15-6, 15-10.

"Saya sangat senang berada di final All England pertama kami. Kami bermain dengan sekuat tenaga untuk mengalahkan pasangan Jepang di semifinal," kata Peng Soon di laman The Star.

Ya, Peng Soon/Liu Ying melangkah ke final tahun ini usai menundukkan ganda Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino 21-17, 21-15

Sementara lawan mereka di final Lu Kai/Huang Yaqiong mengalahkan ganda kesayangan Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock 19-21, 21-12, 22-20.

Di atas kertas, ganda Malaysia tidak lebih diunggulkan ketimbang pasangan Tiongkok. Mereka sudah tiga kali bertemu, dan skor sementara 3-0 buat Tiongkok. Untuk urusan peringkat BWF pun, ganda Malaysia masih di bawah pasangan Tiongkok; peringkat delapan dan ranking lima.

Final ganda campuran bakal membuka rangkaian partai puncak All England 2017 di Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (12/3) mulai pukul 19.00 WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News