Setelah Messi dan Neymar Kini Ronaldo..Bandel!

Setelah Messi dan Neymar Kini Ronaldo..Bandel!
Cristiano Ronaldo. Foto: marca

jpnn.com - SETELAH dua megabintang lapangan hijau, Lionel Messi dan Neymar terungkap bandel dalam urusan pajak, kini menyusul pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo. 

Majalah mingguan Jerman Der Spiegel menulis Ronaldo mengalihkan catatan kekayaannya sebesar EUR 150 juta (Rp 2,15 triliun). Uang tersebut diinvestasikan pemain kelahiran Madeira Portugal tersebut di pengeboran minyak lepas pantai di British Virgin Islands.

Der Spiegel bersama sebelas media lainnya di Eropa menuliskan tiga pekan lagi akan membeber soal temuan penggelapan catatan kekayaan tersebut. Kabarnya kekayaan sebesar EUR 150 juta itu adalah bagian dari royalti Ronaldo atas berbagai produk yang disponsorinya. 

“Dari jumlah EUR 150 juta tersebut hanya sekitar empat persen yang dibayarkan Ronaldo. Atau sekitar EUR 5,6 juta (Rp 80,38 miliar) yang dibayarkan kepada Spanyol,” klaim Der Spiegel, seperti dilansir lagi oleh AS.

Dan otak di balik penggelapan pajak penghasilan Ronaldo tersebut adalah sang agen Jorge Mendes. Mendes lah yang menyarankan mantan pemain Manchester United itu berinvestasi.

Dokumen yang disebut sebagai Football Leaks tersebut penggelapan oleh Ronaldo itu dilangsungkan dalam dua periode. Pertama dalam kurun waktu 2009-2014 dengan penggelapan pajak sebesar EUR 74,8 juta (Rp 1,07 triliun). 

“Dana itu dimasukkan sebagai bagian dari perusahaan bernama Tollin yang terdaftar di British Virgin Islands,” tulis Der Spiegel lagi. Lalu yang kedua, yang dimulai 2015 lalu hingga diperkirakan 2020 mendatang, diperkirakan sebanyak EUR 31 juta (Rp 445 miliar) digelapkan oleh Ronaldo.  

Selain Ronaldo, tactician Manchester United Jose Mourinho pun disebutkan turut menggelapkan penghasilannya. Meski tak sebesar Ronaldo, sebanyak EUR 12 juta (Rp 172,26 miliar) disilapkan oleh Mourinho. 

SETELAH dua megabintang lapangan hijau, Lionel Messi dan Neymar terungkap bandel dalam urusan pajak, kini menyusul pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News