Setelah Pelantikan Presiden dan Wapres, Ma'ruf Amin Tinggalkan Jokowi

Setelah Pelantikan Presiden dan Wapres, Ma'ruf Amin Tinggalkan Jokowi
Jokowi dan Ma'ruf Amin. Foto: TKN Jokowi-Ma'ruf

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan susunan kabinet baru untuk pemerintahan periode 2019-2024 telah rampung.

Kepala negara yang kondang disapa dengan panggilan Jokowi itu berencana mengumumkan nama-nama menterinya besok (21/10) pagi.

“Susunan kabinet sudah rampung, sudah selesai. Saya kenalkan besok pagi,” ujar Jokowi di Istana Negara, Minggu (20/10) sebelum berangkat ke Kompleks Parlemen Senayan untuk menjalani proses pelantikan sebagai Presiden RI 2019-2024 dalam Sidang Paripurna MPR.

Dalam kesempatan itu Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana. Tiga anaknya juga ikut dalam jumpa pers tersebut.

Jokowi lebih lanjut menjelaskan alasannya mengumumkan nama-nama menteri pada besok pagi. Setelah itu wakilnya, Ma'ruf Amin harus berangkat ke Jepang.

“Pagi saya kenalkan, karena sorenya Pak Kiai (Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, red) harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan kaisar,” tuturnya.

Hanya saja, Jokowi belum memberikan kepastian waktu tentang pelantikan menteri di Kabinet Kerja Jilid II untuk periode mendatang.

“Dikenalkan dulu, kemudian dilantik,” katanya.

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan susunan kabinet baru besok setelah pelantikan presiden dan wapres hari ini kemudian Ma'ruf Amin akan berangkat.


Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News