Setengah Tahun, Investasi Masuk Rp 92,9 Triliun

Setengah Tahun, Investasi Masuk Rp 92,9 Triliun
Setengah Tahun, Investasi Masuk Rp 92,9 Triliun
JAKARTA — Tahun 2010 menjadi tahun emas bagi peningkatan investasi di Indonesia. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi pada semester I-2010 mengalami kenaikan 39,9 persen dengan nilai investasi mencapai Rp92,9 triliun. Realisasi investasi tersebut sudah mencapai 58,1 persen dari target realisasi investasi tahun 2010 sebesar Rp 160 triliun.

Dengan investasi yang cukup besar ini, serapan tenaga kerja pun meningkat tajam. BKPM melaporkan sepanjang semester I-2010 jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 298.000 orang atau mengalami peningkatan 100 persen lebih dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pemerintah pun memastikan minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia juga terlihat semakin tinggi. Hal tersebut dapat terlihat dengan pertumbuhan foreign direct investment (FDI/PMA) yang mencapai 24 persen pada Semester I/2010. "Kalau dilihat pada Semester I/2010, investasi dari luar negeri itu tinggi sekali sesuai ukuran BKPM. Ini menandakan bahwa iklim investasi di Indonesia semakin baik," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa pada wartawan, Rabu (28/7) di Jakarta.

Selain penanaman modal asing, peningkatan investasi juga terjadi untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN). "Meski tidak setinggi PMA, iklim investasi harus kita akui luar biasa membaik, yang membuat minat investor asing untuk masuk ke Indonesia semakin tinggi," katanya.

JAKARTA — Tahun 2010 menjadi tahun emas bagi peningkatan investasi di Indonesia. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News