Setiap Murid Harus Lancar Baca Notasi Jawa

Setiap Murid Harus Lancar Baca Notasi Jawa
FOTO : Raka Deny/IndoPos
Di Amerika Serikat ada kelompok karawitan yang beranggota warga setempat. Namanya Sumunar Indonesian Music and Dance. Pendirinya warga Indonesia, Joko Sutrisno. Kini kelompok itu kewalahan menangani murid yang melimpah.

NUNGKI KARTIKASARI, Jakarta

"Para warga  karawitan Sumunar Minnesota samekta anggelar kabudayan Jawi..."  Itulah potongan tembang "pambuko" yang ditampilkan kelompok karawitan Sumunar saat tampil di Aula Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Selasa malam (6/7). Tepuk tangan para hadirin pun menggema menyaksikan keluwesan para pengrawitnya, yang hampir semua bule itu. Selain di Jakarta, Sumunar bakal tampil di Bandung, Jogjakarta, dan Surakarta hingga 19 Juli mendatang.

Kelompok karawitan Sumunar berasal dari Minneapolis, Minnesota, AS. Tidak main-main, kelompok ini sudah ada di Negeri Paman Sam 15 tahun lalu. Selama itu pula berbagai kiprah telah mereka torehkan. Baik dalam bentuk pelatihan maupun konser di banyak tempat. Namun, pergelaran di Kantor Kemendiknas itu merupakan konser perdana mereka di Indonesia.

Di Amerika Serikat ada kelompok karawitan yang beranggota warga setempat. Namanya Sumunar Indonesian Music and Dance. Pendirinya warga Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News