Setiap Trainset LRT Palembang Maksimal Angkut 400 Penumpang

Setiap Trainset LRT Palembang Maksimal Angkut 400 Penumpang
Suasana ruang dalam trainset LRT Sumsel. Setelah jalur pertama, pengujian LRT akan masuk jalur kedua. Foto: Evan/Sumatera Ekspres/JPG

jpnn.com, PALEMBANG - Warga Palembang dan sekitarnya dalam waktu dekat bisa menikmati sarana transportasi LRT (light rail transit) Sumsel.

Pasalnya, kereta yang memiliki jalur dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sampai Jakabaring itu mulai dioperasikan 24 Juli mendatang.

Bahkan, masyarakat diberikan kesempatan menggunakan moda transportasi tersebut secara gratis.

Kasi Angkutan Barang Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI, Supandi, mengatakan, operasional LRT Sumsel bagi masyarakat umum tersebut masih rangkaian uji coba LRT. Namanya uji beban. Kereta akan mengangkut penumpang dengan kapasitas masih terbatas.

“Penumpangnya dibatasi. Setiap rangkaian trainset hanya akan diisi 400 penumpang, walaupun kapasitasnya bisa sampai 536 penumpang,” ujar Supandi.

Dijelaskan, trainset yang bakal dioperasikan pun juga terbatas. Hanya dua rangkaian trainset yang akan digunakan. Sehingga, waktu tunggu atau headway penumpang setiap stasiun berkisar antara 1-2 jam.

“Pengujian ini nantinya berlangsung sampai 31 Juli. Setelahnya transportasi berlangsung normal. Enam trainset akan dioperasikan secara penuh sehingga headway-nya hanya 20 menit. Dalam sehari akan ada 108 kali perjalanan,” katanya.

Ia menuturkan pihaknya gratiskan tiket selama uji coba berlangsung. Masyarakat umum yang akan gunakan jasa LRT Sumsel diberikan tiket gratis yang tersedia di masing-masing stasiun. Sementara untuk atlet dan official Asian Games menggunakan KIR Code.

Warga Palembang dan sekitarnya dalam waktu dekat bisa menikmati sarana transportasi LRT (light rail transit) Sumsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News