Setiawan Djody Mimpi Pak Harto

Setiawan Djody Mimpi Pak Harto
Setiawan Djody. Foto: M.Ali/Jawa Pos

jpnn.com - SETIAWAN Djody merupakan budayawan sekaligus pengusaha yang punya hubunagn unik dengan Soeharto.

Meski kerap tampil sebagai pengkritik pemerintahan Orde Baru, terutama lewat karya-karya musiknya bersama grup Kantata Takwa, lelaki kelahiran Solo, 12 Maret 1949, itu tetap menyimpan hormat kepada mantan presiden yang akrab dipanggil Pak Harto tersebut.

"Beberapa hari lalu saya sempat mimpi beliau (Pak Harto, Red) lagi," ungkap Setiawan Djody di Jakarta awal pekan lalu. Gambaran mimpi tersebut kemudian disampaikan kepada salah seorang putri almarhum Pak Harto, Titik Soeharto.

Sebagai pengusaha, pemilik nama lengkap KPH Salahuddin Setiawan Djody Nur Hadiningrat itu memang sempat dikenal dekat dengan keluarga Cendana. Beberapa bisnis juga sempat dilakukan bersama dengan anak-anak Pak Harto.

"Sejatinya, beliau itu orang baik, yang tidak baik itu orang-orang yang hanya bisa memanfaatkan kebaikan beliau," tuturnya.  

Djody lalu menceritakan salah satu kesempatan pertemuannya dengan Pak Harto beberapa puluh tahun lalu. Saat itu dia termasuk pengusaha yang dipanggil untuk ditawari ikut menggarap program 1 juta hektare lahan gambut untuk pertanian yang digulirkan pemerintah.

"Waktu itu saya menolak ikut. Bukan karena tidak mampu, tapi karena saya tahu. Iya, sudah tahu, kalau (lahan) gambut yang dialihfungsikan itu bahaya bagi lingkungan," ujarnya. (dyn/c10/ttg)

 


SETIAWAN Djody merupakan budayawan sekaligus pengusaha yang punya hubunagn unik dengan Soeharto. Meski kerap tampil sebagai pengkritik pemerintahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News