Seusai Rapat Koordinasi Karhutla, Mahfud MD Sampaikan Hal Ini

Seusai Rapat Koordinasi Karhutla, Mahfud MD Sampaikan Hal Ini
Menko Polhukam, Mahfud MD mengatakan penanggulangan kebakaran hutan di Indonesia dalam lima tahun terakhir berjalan dengan baik seusai Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Penanggulangan Karhutla 2022 di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Kamis (28/7). Foto: Kenny Kurnia Putra /JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengeklaim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) lima tahun terakhir berjalan baik. 

Hal itu disampaikan oleh Mahfud MD seusai Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Penanggulangan Karhutla 2022 di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Kamis (28/7).

"Penyakit ISPA, nafas itu juga dapat dikatakan tidak ada. Ini tentu kalau dibanding dengan misalnya lima tahun dari sebelumnya atau sebelum 2015 itu masih bukan main sibuknya," kata Mahfud.

Dia menyebutkan pada 2015, kantor kedutaan besar RI di sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura kerap didemo lantaran kerap mengirim asap ke negara jiran.

"Lima tahun terakhir sudah tidak ada protes-protes yang berarti seperti itu dan kita ingin mengantisipasi (karhutla, red) lagi agar itu terus terjaga," lanjutnya.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga menyebutkan tidak ada lagi transportasi yang tertunda karena gangguan asap.

"Kami akan jaga ini salah satu cara menjaga tadi adalah koordinasi, teknologi yang didukung oleh kearifan lokal," ujarnya.

Rakorsus juga dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan sejumlah stakeholder terkair.(mcr8/jpnn)

Menko Polhukam, Mahfud MD mengatakan penanggulangan kebakaran hutan di Indonesia dalam lima tahun terakhir berjalan dengan baik


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News