Sex Toys dan Airsoft Gun Tanpa Izin Masuk Bali, Jadinya Begini

Sex Toys dan Airsoft Gun Tanpa Izin Masuk Bali, Jadinya Begini
BARANG ILEGAL: Bea dan Cukai Ngurah Rai, Bali memusnahkan barang sitaan yang masuk dari luar negeri tanpa izin atau melewati batas pengambilan. Foto: Radar Bali/JPG

jpnn.com - BADUNG - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai memusnahkan ratusan barang ilegal, Kamis (8/12). Barang-barang ilegal yang masuk tanpa izin itu antara lain berupa minuman beralkohol, barang elektronik, handphone, airsoft gun, kosmetik, alat bantu seks atau sex toys, hingga pakaian impor dari berbagai negara.

Barang-barang imporitu dimusnahkan dengan cara dipotong dan dibakar. Alasannya sudah melampui batas waktu pengambilan selama 90 hari dan tidak memiliki izin dari instansi terkait.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai Budi Harjanto menyatakan, barang ilegal yang dimusnahkan merupakan hasil sitaan selama kurun waktu Desember 2015 hingga awal Desember  2016. Jumlahnya  mencapai 601 barang.

Dia menhelaskan, barang-barang itu memang tidak diurus oleh pengimpornya. Atau karena pengimpornya memang tidak bisa memenuhi persyaratan. “Contohnya saja obat-obatan ini. Ini tidak bisa dan harus ada izin dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM),” katanya.

Contoh lain adalah senjata airsoft gun yang harus dilengkapi izin dari Polri. “Para pengimpor  tidak ada izin dari instansi terkait,” tuturnya.

Lebih lanjut Harjanto mengatakan, ada batas-batas tertentu yang diperuntukkan bagi pengimpor untuk melengkapi izin. Yakni batas waktu 60 hari.

Apabila kelengkapan izin tidak bisa dipenuhi maka Bea Cukai akan memberikan kesempatan tambahan selama 30 hari.  “Lewat dari itu maka bisa dijadikan barang milik negara,” ungkapnya.

Harjanto menambahkan, barang-barang yang disita itu sebenarnya masih bisa dikategorikan legal.  Namun, para pengimpor tidak bisa menunjukkan atau memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan Kementerian Perdagangan atau kementerian teknis lainnya.

BADUNG - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai memusnahkan ratusan barang ilegal, Kamis (8/12). Barang-barang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News