Si Juara Nasional Bakal Bertarung dengan Pebalap Mancanegara

Si Juara Nasional Bakal Bertarung dengan Pebalap Mancanegara
Foto: Rifki Lubis/Batam Pos/ JPNN

jpnn.com - BATAM - Ikatan Motor Kepri (IMK) menggelar kompetisi motocross berskala Internasional, International Motocross Championship Open Kepri 2015 di sirkuit NP Capung, Seitemiang, Batuaji, Batam, mulai kemarin (5/9) sampai hari ini (6/9).

Kompetisi ini merupakan kali keempat digelar dan tidak diragukan lagi sangat bergengsi, pasalnya diikuti 124 pebalap dari tujuh negara, yakni Australia, Indonesia, Malaysia, Thailand, Mongolia, Filipina dan Singapura.

"Dari Indonesia, tampil juara-juara nasional dari rangking satu sampai dengan sepuluh, hadir juga juara tahun lalu dari Australia, Lewis Stewart yang saat ini tengah mengurus status kewarganegaraannya Indonesia," papar ketua panitia Bambang Suwastyo, kemarin (5/9) di sela-sela kompetisi.

Kompetisi berskala Internasional pada awalnya dilaksanakan di Bintan sebanyak tiga kali, namun sempat vakum. Kemudian, mantan wakil Gubernur Kepri, Soeryo Respationo meminta IMK untuk menghidupkannya kembali dengan alasan untuk mempromosikan wisata Batam ke turis mancanegara.

Bagi pebalap Kepri, kompetisi ini pastinya sangat menantang pasalnya jagoan nasional seperti pebalap rangking satu nasional, Agi Agasi, rangking dua, Andre Sondakh, dan rangking tiga, Farhan Hendro turun bertanding.

Adapun kelas yang dipertandingkan di kompetisi ini antara lain kelas Kepri Sumatra MX 2 (pertarungan antara pebalap Kepri dengan Sumatra), kelas eksekutif di atas 35 tahun lokal Kepri, kelas MX 2 di atas 35 tahun open (bebas), kelas mini moto umur 12 tahun untuk anak-anak, kelas MX 2 International (kelas paling bergengsi) dan kelas grass track.

"Intinya menyalurkan anak-anak kita supaya jangan balap liar, dan selalu mengutamakan moto satlantas, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas," tegas Bambang.

Bambang juga meminta agar pemerintah bisa memaksimalkan sirkuit non permanen seperti sirkuit NP Capung untuk menjadi sarana balapan. "Kalau bisa dipermanenkan, belum permanen saja sudah bisa gelar kompetisi internasional," ujarnya.

BATAM - Ikatan Motor Kepri (IMK) menggelar kompetisi motocross berskala Internasional, International Motocross Championship Open Kepri 2015 di sirkuit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News