Si Juki Jalan-Jalan, Kolaborasi Komik Indonesia-Korsel Pertama

Si Juki Jalan-Jalan, Kolaborasi Komik Indonesia-Korsel Pertama
Faza Meonk saat memperkenalkan komik Si Juki Jalan-jalan di Popcon Asia 2017. (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

jpnn.com - Kabar gembira untuk para penggemar komik Si Juki. Tidak melulu mondar-mandir di kosan, dalam buku terbarunya sekarang Juki memulai melakukan jalan-jalan ke luar negeri. Negara pertama yang dikunjungi adalah Korea Selatan.

Kreator komik Si Juki, Faza Meonk mengungkapkan keinginannya untuk lebih mengeksplorasi konten komiknya agar bisa dinikmati ke seluruh penjuru dunia.

"Saya lihat karakter Juki terlalu lokal, tapi saya ingin banget apa yang saya buat tidak hanya dinikmati Indonesia saja, tercetuslah ide Si Juki jalan-jalan," ujarnya di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Sabtu (5/8).

Faza menceritakan, ide awal memilih Korea Selatan sebagai negara pertama dalam serial Si Juki Jalan-jalan. Menurutnya, negara tersebut adalah sangat fenomenal bagi orang Indonesia.

"Fans Korea di Indonesia sangat fenomenal, K-pop, K-drama itu penggemarnya ngeri dan gila banget. Ternyata ketika saya riset, tourism di Korea menggunakan industri kreatif untuk mempromosikan negaranya. Jadi saya mau tau lebih dalam bagaimana sih korea bisa mengemas budayanya sehingga orang bisa tau negaranya," tutur Faza.

Dalam gelaran Popcon Asia 2017 itu, Faza mengungkapkan bahwa keinginannya telah terwujud. Ia berhasil berkolaborasi dengan creator dari luar negeri untuk serial terbaru komiknya, yakni bersama Red dan Yellow dari serial Larva Korea Selatan.

"Saya gak mau cuma komik jalan-jalan, saya mau harus ada kolaborasi antar dua negara. Bukan hanya dari segi pariwisata tapi dengan industri kreatif juga. Akhirnya kesampaian dengan Larva ini," tuturnya.

Bagi Faza, kolaborasi ini memiliki banyak keuntungan dari penggemar keduanya. "Jadi kita kayak semacam tukeran massa, biar penggemar Juki tahu Larva dan penggemarnya Larva jadi tahu Juki," ujarnya.

Kabar gembira untuk para penggemar komik Si Juki. Tidak melulu mondar-mandir di kosan, dalam buku terbarunya sekarang Juki memulai melakukan jalan-jalan

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News