SIAK Online Terkendala Software

SIAK Online Terkendala Software
SIAK Online Terkendala Software
PURBALINGGA- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Purbalingga mengaku dalam uji coba system Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online, terkendala software (perangkat lunak) aplikasinya. Wilaya kecamatan yang dipasang dan diuji coba SIAK antara lain kecamatan Kaligondang, Bukateja dan Kemangkon.

 

“Kendala itu berupa aplikasi yang saat diterapkan ke komputer belum bisa membaca input data kependudukan baru. Misalnya ada nama baru dan data penduduk baru, komputer langsung blank,” jelas Kepala Dispendukcapil, Pratikno Widiarso, kemarin.

Jika masalah perangkat keras semacam tower dan komputer tak ada kendala. Termasuk SDM operator di setipa kecamatan juga sudah dilatih. “Kami sudah melaporkan kepada propinsi agar dilakukan pembenahan dan koreksi aplikasi itu. Pada intinya diperbaiki agar dapat digunakan sebagaimana mestinya,” imbuhnya.

Pratikno mengatakan, dengan SIAK, tahapan pembuatan dokumen kependudukan, KTP. KK dan lainnya bisa lebih efektif dan efisien. Misalnya pembuatan ktp dan KK, untuk mendapatkan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) tak harus mencocokan kembali ke Dinas. Pihak kecamatan langsung bisa mengakses dengan system online.

PURBALINGGA- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Purbalingga mengaku dalam uji coba system Sistim Informasi Administrasi Kependudukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News