Siap Kembangkan Kain Tenun Khas Daerah

Siap Kembangkan Kain Tenun Khas Daerah
Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi. FOTO; ist

jpnn.com - JAKARTA – Indonesia ternyata kaya akan produksi kain tenun. Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM jeli melihat potensi itu. Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi memandang potensi fashion Indonesia memang wow dan luar biasa. Apalagi kesemarakan fashion daerah dengan ciri khas masing-masing. 

Buktinya, badan layanan usaha (BLU) di bawah Kemenkop dan UKM itu menggandeng para produsen, penikmat, hingga desainer kain tenun dalam pelaksanaan Galeri Indonesia WOW mendatang.

Akhirnya, banyak perancang mode yang melirik kain tenun daerah untuk dipadupadankan menjadi batik tenun eksklusif dan bernilai jual tinggi. Sebut saja desainer Uly Duma. Nama Uly Duma di dunia fashion Indonesia masih awam. 

Namun, ide cemerlang memadukan kain tenun menjadi batik menjadi salah satu unggulan produk UKM. Itu pun sempat menjadi produk favorit yang dipamerkan Gallery UKM Smesco di SME Tower.  

Perancang mode yang kerap memadukan kain tenun dengan batik tersebut mengakui, kain tenun negeri sendiri adalah yang terbaik. Menurut Uly, Indonesia harus bisa mengembangkan kain tenun. Sebab, banyak UKM di tanah air yang menggarap tenun. 

’’Namun, semuanya masih tradisional,’’ ucap perancang mode dengan brand Manggading tersebut.

Tenun batik ala Uly menjadi favorit pada ajang Indonesia Fashion Week beberapa bulan lalu di Jakarta. ’’Ya, saya ingat betul ketika saya diboyong Smesco LLP-KUKM untuk ikut ajang tahunan paling spektakuler itu,’’ ujarnya.

Setelah ada Galeri Indonesia WOW, Uly berharap tenun karya desainer Indonesia bisa mendunia. Harga tenun terbilang masih mahal karena dibuat secara tradisional. Nah, itu menjadi kelebihan tenun. ’’Saya sangat percaya diri karena kualitas tenun Indonesia sangat mumpuni,’’ tegasnya.

JAKARTA – Indonesia ternyata kaya akan produksi kain tenun. Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News