Siapa Pengganti Lili di KPK, Jokowi Bilang Begini

Siapa Pengganti Lili di KPK, Jokowi Bilang Begini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan penentuan kandidat pengisi posisi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah ditinggalkan Lili Pintauli Siregar masih dalam proses. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SUBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan penentuan kandidat pengisi posisi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah ditinggalkan Lili Pintauli Siregar masih dalam proses.

“Masih dalam proses, untuk pengganti dari Ibu Lili Pintauli masih dalam proses karena kan baru saja surat pemberhentiannya minggu yang lalu sudah saya tanda tangani, dan ini masih dalam proses untuk penggantiannya,” ucap Presiden Jokowi seusai meninjau Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7).

Eks gubernur DKI Jakarta itu memastikan calon pengganti Lili itu akan segera diajukan kepada DPR RI.

“Kami akan segera mengajukan ke DPR secepatnya,” ucap presiden.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menerima surat pengunduran diri dan telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar sebagai pimpinan KPK.

Keppres itu dikeluarkan di tengah proses sidang etik gratifikasi menonton MotoGP dari BUMN kepada Lili.

Dengan adanya Keppres itu, Lili tidak bisa diproses lagi oleh Dewan Pengawas KPK.

Lili Pintauli sebelumnya sudah pernah dijatuhi sanksi berat oleh Dewas KPK berupa pemotongan gaji pokok sebesar 40 persen selama 12 bulan pada Agustus 2021 lalu.

Presiden Jokowi memastikan calon pengganti Lili Pintauli Siregar di KPK akan segera diajukan kepada DPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News