Siapkan IPO ACS, Gantikan Garuda Maintenance Facility

Siapkan IPO ACS, Gantikan Garuda Maintenance Facility
Siapkan IPO ACS, Gantikan Garuda Maintenance Facility
JAKARTA - PT Garuda Indonesia tengah menyiapkan PT Aero Catering Services (ACS) untuk melakukan initial public offering (IPO). ACS merupakan anak perusahaan dari PT Aerowisata Services (AWS), salah satu anak perusahaan Garuda. Namun, penawaran saham perdana tersebut kemungkinan baru bisa dilakukan 2013 mendatang.

Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan, ada kemungkinan ACS akan menggantikan PT Garuda Maintenance Facility (GMF) untuk melakukan IPO. Sebab, 70 persen order GMF masih berasal dari induk usahanya, yaitu Garuda. "Cuma ACS yang paling siap. Kami menargetkan dapat melakukan IPO pada kuartal I-2013," ungkapnya di Jakarta.

Menurut Elisa, lebih dari 50 persen order PT ACS berasal dari luar Garuda. Karena PT ACS juga melayani pemesanan catering dari maskapai lain. Bahkan ada perusahaan dan industri yang memesan makanan dari cucu perusahaan Garuda tersebut.

"GMF sulit untuk IPO karena 70 persen job order-nya masih dari Garuda. Aturannya, kalau masih bergantung dengan pesanan dari induk tidak bisa IPO. Beberapa tahun yang lalu memang order dari Garuda dan luar Garuda 50:50. Tapi, karena pesatnya perkembangan perusahaan, maka order dari Garuda makin banyak. Namun, bukan berarti GMF tidak mendapatkan pesanan dari luar," urai Elisa.

JAKARTA - PT Garuda Indonesia tengah menyiapkan PT Aero Catering Services (ACS) untuk melakukan initial public offering (IPO). ACS merupakan anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News