Siapkan Latgab, TNI Bakal Gelar Latihan Tempur Besar-besaran di 3 Lokasi

Siapkan Latgab, TNI Bakal Gelar Latihan Tempur Besar-besaran di 3 Lokasi
Parade alutsista TNI pada HUT TNI ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5/10). Foto/ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SENTUL - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus memperbanyak latihan tempur dalam rangka meningkatkan kemampuannya sebagai alat utama pertahanan negara.

Menurut Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI Laksda Kisdiyanto, angkatan bersenjata paling kuat di Asia Tenggara itu akan menggelar latihan gabungan atau latgab pada pertengahan tahun ini.

"Latgab akan digelar pada Juni-Juli tahun ini,” ujar Kisdiyanto dalam media gathering di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/3).

Latihan tempur besar-besaran itu akan melibatkan tiga matra TNI. Namun, Kisdiyanto tidak memerinci soal jumlah personel yang akan terlibat dalam Latgab TNI 2023.

Mantan komandan KRI Fatahillah–361 itu hanya menjelaskan Latgab TNI 2023 akan digelar di tiga Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

"Latgab akan digelar di tiga spot, dipimpin masing-masing panglima Kogabwilhan,” tutur Kisdiyanto.

Selain itu, TNI juga akan menggelar Garuda Shield 2023 bersama tentara Amerika Serikat (AS).

Garuda Shield merupakan latihan bersama yang melibatkan TNI dan US Pacific Command (USPACOM) atau Komando Pasifik AS.

Kadispen TNI Laksda Kisdiyanto mengungkap rencana latihan gabungan atau Latgab TNI pada Juni-Juli 2023, sedangkan Garuda Shield 2023 sedang dimatangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News