Siapkan Padat Karya untuk Korban Bencana

Siapkan Padat Karya untuk Korban Bencana
Siapkan Padat Karya untuk Korban Bencana
JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan menyiapkan sejumlah program padat karya untuk menyediakan sejumlah lapangan pekerja bagi korban bencana alam. Program ini dilakukan saat masa recovery atau pemulihan bencana. Selain itu, juga diberikan bantuan pengembangan usaha ekonomi berupa bantuan bibit, sarana produksi dan bantuan modal usaha, serta pemberian subsidi program untuk membantu pembangunan rumah. Pelaksanaan subsidi program ini akan dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, telah dilakukan berbagai upaya untuk membantu korban akibat dampak yang timbul dari adanya bencana alam di Mentawai dan Merapi.’’Dalam masa recovery kami telah menyiapkan beberapa kegiatan untuk mendukung dan mempercepat pemulihan para pengungsi,’’ tutur Cak Imim--sapaan akrab Muhaimin Iskandar-- saat melepas bantuan ke Merapi dan Mentawai di Jakarta kemarin (4/11).

Bantuan ke Merapi, kata lulusan Fisipol UGM tersebut, telah diberikan berupa masker, bahan sembako, peralatan mandi, selimut, air minum dan makanan ringan, serta kebutuhan wanita sebanyak 3 truk dan uang tunai Rp 500 juta.’’Saya juga telah memerintahkan Kantor Balai Besar Pelatihan Transmigrasi di Kabupaten Sleman Jogjakarta sebagai posko pelayanan pengungsi dengan menyediakan beberapa mobil training unit (MTU) yang siap membantu pengungsi khususnya dalam membantu memperbaiki rumah mereka yang rusak,’’ pungkas Cak Imin.

Dikatakan mantan wakil ketua DPR tersebut, dari hasil kunjungan beberapa waktu lalu, masih banyak kebutuhan para pengungsi yang belum dapat terpenuhi, karena waktu berakhirnya pengungsian belum dapat diperkirakan.

JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan menyiapkan sejumlah program padat karya untuk menyediakan sejumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News