Siapkan Perlawanan, Kivlan Ingin YLBHI Dibubarkan

Siapkan Perlawanan, Kivlan Ingin YLBHI Dibubarkan
Mayjen (Purn) Kivlan Zen. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Mayjen (Purn) Kivlan Zen bakal memerkarakan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Pasalnya, mantan kepala Staf Kostrad itu merasa dituduh jadi biang kerusuhan di YLBHI pada Minggu (17/9) malam.

Kivlan berencana melaporkan YLBHI ke kepolisian. "Nanti saya laporkan. YLBHI tidak benar menuduh saya sebagai dalang, sebagai aktor. Saya tuntut dia," kata Kivlan saat dihubungi, Selasa (19/9).

Menurut Kivlan, dirinya sama sekali tak ada kaitannya dengan aksi penyerbuan ke gedung YLBHI. Pasalnya ketika itu, dia tak berada di tempat kejadian perkara (TKP).

Selain itu, Kivlan juga meminta lembaga yang didirikan Adnan Buyung Nasution itu ‎dibubarkan. Tokoh kelahiran Langsa, Aceh pada 24 Desember 1946 itu menuding YLBHI telah menghidupkan Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Saya tuntut itu YLBHI dan saya minta dibubarkan karena dia menghidupkan PKI," cetusnya.

Kivlan menegaskan, YLBHI telah mendukung upaya bagi PKI untuk bangkit lagi. Buktinya adalah penyelenggaraan diskusi sejarah tentang peristiwa pada 1965-1966.

"Membangkitkan lagi PKI, seminar yang menyalahkan pemerintah Indonesia Orde Baru dan kemudian meminta mencabut TAP MPRS (tentang pembubaran PKI, red), itu kan berarti melanggar UUD," tandasnya.

Sebelumnya Ketua YLBHI Bidang Advokasi Muhammad Isnur menyebut dua nama yang diduga sebagai dalang pengepungan kantornya pada Minggu, 17 September 2017. Dua nama itu adalah Kivlan dan Rahmat Himran.(elf/JPC)


Kivlan Zen merasa bersih dari peristiwa penyerbuan ke YLBHI. Dia justru menudung YLBHI telah memfasilitasi upaya untuk membangkitkan PKI.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News