Siapkan Tenaga Kerja Terampil, PT IWIP Berikan Pelatihan Kepada 17 Ribu Karyawan

Siapkan Tenaga Kerja Terampil, PT IWIP Berikan Pelatihan Kepada 17 Ribu Karyawan
PT IWIP memberikan pelatihan kepada 17 ribu karyawan. Foto: Dok IWIP

jpnn.com, JAKARTA - PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), kawasan industri nikel terbesar di Indonesia berkomitmen menaruh perhatian terhadap pengembangan sumber daya manusia.

Salah satu pengembanga itu melalui pelatihan berbagai keahlian dan kemampuan bagi masyarakat di Maluku Utara.

Terbukti, sejak 2019 hingga 2022, total peserta yang mengikuti pelatihan tersebut mencapai 17.358 orang dengan berbagai jenis keterampilan alat berat meliputi pelatihan excavator, wheel loader, dump Truck, dan welder.

Humas PT IWIP Bilal Sau mengatakan program pelatihan ini merupakan upaya PT IWIP dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap dalam dunia industri.

Harapannya, lanjut Bilal, angkatan kerja di Maluku Utara bisa terserap secara optimal, dengan begitu maka angka pengangguran juga bisa diminimalisir.

“Untuk pelatihan ini, kami memprioritaskan masyarakat Maluku Utara. Namun, tidak menutup kemungkinan dari luar juga bisa ikut bergabung. Selama pelatihan kami juga menyediakan akomodasi dan konsumsi untuk peserta pelatihan,” ujar Bilal, Senin (3/10).

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran di Halmahera Tengah yang mengalami penurunan, bahkan turunnya tingkat pengangguran terbuka (TPT) tidak terlepas dari kehadiran PT IWIP.

“Para peserta ini akan mengikuti pelatihan dalam rentang waktu tertentu. Di akhir nanti peserta bakal mengikuti ujian, dan jika dinyatakan lulus, mereka langsung bisa di kontrak menjadi karyawan PT IWIP," kata Bilal.

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), kawasan industri nikel terbesar di Indonesia berkomitmen menaruh perhatian terhadap pengembangan SDM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News