Sidak di Terminal, Menteri Ingin Angkutan Lebaran Layak Jalan

Sidak di Terminal, Menteri Ingin Angkutan Lebaran Layak Jalan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Sejak hari pertama puasa, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak ke berbagai terminal bus.

Kali ini, Menhub mendatangi Terminal Indihiang Tasikmalaya, Jawa Barat. Ia ingin mengecek sendiri kesiapan mudik lebaran di jalur selatan Jawa.

Mirip seperti apa yang dilakukan Presiden Joko Widodo, sang menteri pun langsung memeriksa kondisi bus yang sedianya akan dipakai untuk angkutan mudik.

Ia masuk ke kolong bus melihat apakah fungsi pengereman berjalan baik atau tidak. Menhub menemukan fakta bahwa bus yang dicek tidak laik jalan. Salah satu suspensi per daun sudah rusak, hanya diikat oleh karet.

"Makanya ramp chek ini penting," kata Menhub Budi Karya usai melakukannya pengecekan bus di Terminal Indihiang dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (10/6).

Atas temuan itu, Menhub meminta Dinas Perhubungan setempat menindak tegas bus-bus yang tidak layak jalan dengan melarang beroperasi.

Budi Karya juga meminta perusahaan otobus (PO) untuk segara membenahi armadanya yang tidak layak jalan. Menhub juga meminta masyarakat untuk memperhatikan stiker uji kelayakan di angkutan umum. Bila tidak ada stiker itu, maka bus tidak lulus ramp check.

Dalam setiap kali sidak, Menhub selalu memeriksa sistem penerangan, ban, alat kemudi, komponen pendukung seperti spidometer, spion, wiper, klakson. Lalu ia juga memeriksa perlengkapan kendaraan seperti sabuk keselamatan, ban cadangan, dongkrak, pembuka roda dan sebagainya.

Sejak hari pertama puasa, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak ke berbagai terminal bus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News