Sidang Akte Kelahiran Dipermudah

Sidang Akte Kelahiran Dipermudah
Sidang Akte Kelahiran Dipermudah
BANDUNG- Menyikapi keluhan masyarakat terkait lamanya masa sidang pengurusan akte kelahiran bagi anak usia satu tahun lebih, Bupati Bandung Dadang Naser meminta Pengadilan Negeri Bale Bandung (PNBB) mempermudah dan mempersingkat waktu untuk persidangan.

 “Sebab sudah ada aturan dari pemerintah, untuk akte kelahiran di atas satu tahun itu biayanya ringan sekitar Rp30 ribu,” ujar Dadang kepada Bandung Ekspres (Grup JPNN).

Dadang menjelaskan kepengurusan akte kelahiran tersebut tidak perlu lagi di PNBB. “Yang memohon akte di atas satu tahun sidangnya tidak usah ke PNBB tapi di tempat asal. Seperti Cicalengka di sana saja. Supaya dekat dan tidak perlu membuang waktu dengan jauh jauh ke pengadilan,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Dadang, sidang juga bisa dilakukan tanpa dihadiri yang bersangkutan (pemohon) dan diwakilkan, sehingga memungkinkan untuk cepat dalam penyelesaiannya. Seperti halnya penilangan yang dilakukan oleh polisi kepada para pengendara yang menyalahi aturan. “Mungkin dikenakan sanksi administratifnya. Jangan berbelit belit dalam pelayanan ini, jadi harus inovatif dan harus dilakukan di lapangan,” ujar Dadang.

BANDUNG- Menyikapi keluhan masyarakat terkait lamanya masa sidang pengurusan akte kelahiran bagi anak usia satu tahun lebih, Bupati Bandung Dadang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News