Sidang Isbat 1 Syawal Digelar 18 Agustus

Kemenag Janji Sidang Tetap Digelar Terbuka

Sidang Isbat 1 Syawal Digelar 18 Agustus
Foto: Dok.JPNN
JAKARTA - Bulan puasa sudah berjalan separuh waktu. Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1433 H. Rencananya sidang isbat ini digelar 18 Agustus mendatang.

Kepala Pusat Informasi dan Humas (Pinmas) Kemenag Zubaidi di Jakarta kemarin (4/8) menuturkan, persiapan pelaksanaan sidang isbat sudah matang. Dia menuturkan jika pada sidang isbat itu diputuskan bahwa hilal sudah terlihat, maka pemerintah menetapkan lebaran jatuh pada 19 Agustus.

Zubaidi juga menegaskan jika sidang isbat penetapan 1 Syawal 1433 H nanti tetap digelar terbuka untuk media. Sidang ini berjalan terbuka seperti pada saat sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1433 H lalu. "Tidak benar jika sidang isbat akan kita gelar tertutup," katanya.

Sebelumnya muncul kabar jika Kemenag tidak lagi menggelar sidang isbat secara terbuka. Kabar ini muncul karena pada isbat penetapan 1 Ramadan 1433 H lalu masyarakat disuguhi banyaknya perdebatan pada saat penetapan awal puasa. Saking lamanya, penetapan awal puasa muncul lebih dari satu jam setelah azan Isya.

JAKARTA - Bulan puasa sudah berjalan separuh waktu. Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1433 H. Rencananya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News