Sidang Istbat Digelar Hari ini

Pastikan Lebaran di Indonesia Serempak

Sidang Istbat Digelar Hari ini
Sidang Istbat Digelar Hari ini
JAKARTA - Pemerintah memastikan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah tahun ini akan dirayakan secara serempak oleh umat Islam di Tanah Air. Kementerian Agama (Kemenag) menginformasikan, organisasi massa Islam mayoritas di Indonesia telah menyatakan akan merayakan Idul Fitri sesuai keputusan pemerintah dalam sidang Itsbat pada Rabu (8/9) malam nanti.

   

Pemerintah berencana melangsungkan sidang penentuan Idul Fitri pada hari ini. Walaupun, menurut perkiraan hilal masih berada di bawah ufuk sebesar minus 2 derajat dan belum bisa dilihat secara kasat mata. "Jadi tidak terlihat. Oleh karenanya digenapkan jadi 30 hari puasa sampai tanggal 9 September. Dengan demikian kemungkinan tanggal 10 lebarannya," kata Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, Selasa (7/9).

Suryadharma mengatakan, di Indonesia umat Islam terbagi menjadi banyak golngan. Banyak umat muslim yang memiliki cara sendiri untuk menghitung jatuhnya hari raya Idul Fitri. Karena itu pihaknya kerap melakukan komunikasi dengan kelompok masyarakat yang melakukan hisab atau rukyat dengan caranya masing-masing.

"Sudah ada komunikasi dengan baik. Insya Allah tahun depan, standar dalam penghitungan hisab atau rukyat dilakukan secara bersama-sama kriterianya," kata Ketua Umum PPP itu.

JAKARTA - Pemerintah memastikan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah tahun ini akan dirayakan secara serempak oleh umat Islam di Tanah Air. Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News