Minggu, 16 Juni 2019 – 09:40 WIB

MUI Pastikan Jadwal Lebaran Kompak

Rabu, 08 September 2010 – 07:27 WIB
MUI Pastikan Jadwal Lebaran Kompak - JPNN.COM

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga Selasa (7/9) malam belum melihat hilal. Namun mereka yakin lebaran tahun ini akan dilaksanakan bersamaan. Tidak ada perbedaan waktu antara Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan Organisasi Islam lainnya.
 
"Belum ada tanda-tanda. Kemungkinan besok masih dibawah ufuk," ujar ketua MUI Ma"ruf Amin saat ditemui di kantornya, kemarin. Menurut Ma"ruf bisa dipastikan idhul fitri 1431 hijriah itu akan jatuh pada 10 September mendatang.
 
Kata Ma"ruf, hilal yang masih dibawah ufuk itu tidak mungkin mengeluarkan tanda berlangsungnya hari raya idul fitri. "Kemungkinan waktu lebaran akan sama. Menyempurnakan 30 hari puasa," ucap Ma"ruf.

Dia mengaku, Indonesia sangat membutuhkan standarisasi hilal untuk menetapkan hari raya. Meski saat ini belum dibuat standar itu, dia meminta masyarakat saling menghormati dan memberikan kesempatan siapapun yang merayakan hari raya idul fitri lebih dulu. "Tidak boleh ada saling menyalahkan dan berseteru. Kita harus saling menghormati," tuturnya.
 
Menurut dia, standarisasi itu bisa dibuat jika ada titik temu diantara pemerintah dan organisasi keagamaan. Sejauh ini dari tiga macam hilal yang ada, kata Ma?ruf, ada satu system hilal yang belum mendapat kesatuan petunjuk. "Itu akan menghasilkan perhitungan yang berbeda, jika hilal berada diantara atas ufuk dan dihitung minimal dua derajat," terangnya.
 
Sementara, untuk dua hilal lainnya dianggap MUI memiliki persepsi yang sama antara satu dengan lainnya. yaitu saat hilal berada diatas ufuk dan ketinggian dua derajat atau lebih. "Keduanya akan menghasilkan hilal yang sama," jelas Ma"ruf. (nuq)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar