Sidang Paripurna Lagi-lagi Sepi

Sidang Paripurna Lagi-lagi Sepi
Beginilah suasana sidang paripurna DPR RI, sepi tak berpenghuni. Foto: JP
JAKARTA – Kesekian kalinya, sidang paripurna DPR sepi peminat. Meski dari daftar hadir terakumulasi sekitar 350 orang, rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR A Muhaimin Iskandar itu hanya diikuti tak lebih dari 100 anggota dewan. 

Praktis perjalanan rapat yang memiliki salah satu agenda pengesahan sejumlah RUU di bidang hukum itu pun berjalan monoton. Beberapa anggota yang tersisa di dalam ruangan, sedikit sekali yang tampak benar-benar mengikuti perjalanan sidang.

Seperti biasanya, sejumlah anggota DPR yang berjalan hilir mudik baik di dalam ruang sidang, maupun ke luar ruangan. Beberapa yang lain, tampak asyik mengobrol bersama sejawatnya. Tak ketinggalan, satu dua orang kelihatan tidur.

”Memang memprihatinkan, mungkin karena puasa,” ujar Muhaimin Iskandar, usai memimpin sidang, di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (2/9).

Selain itu, dia memperkirakan, masa yang makin dekat menjelang Pemilu 2009 juga turut mempengaruhi. Sejumlah anggota dewan banyak ke daerah untuk mengamankan daerah pemilihannya masing-masing.

Anggota Komisi II DPR Ferry Mursidan Baldan juga juga turut menyatakan keprihatinannya. Dia mengusulkan, agar segera dipikirkan format baru dalam pelaksanaan sidang paripurna DPR. ”Jangan sampai sidang paripurna hanya dihadiri satu-dua orang saja,” ujar anggota Dewan asal Partai Golkar itu.

Sebelumnya, pada Rapat Paripurna HUT DPR, Jumat (29/8) lalu, juga hanya dihadiri segelintir orang. (dyn)

JAKARTA – Kesekian kalinya, sidang paripurna DPR sepi peminat. Meski dari daftar hadir terakumulasi sekitar 350 orang, rapat yang dipimpin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News