Sidang Perdana KIP Pidie Jaya Digelar

Sidang Perdana KIP Pidie Jaya Digelar
Sidang Perdana KIP Pidie Jaya Digelar

jpnn.com - JAKARTA - Sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya, Aceh digelar, Rabu (11/9). Pada kesempatan ini majelis Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan mendengarkan keterangan Pengadu dan jawaban dari Teradu.

Pengadu dalam perkara ini adalah,  Sayuti AB dari Badan Advokasi Hukum (Bahu) DPP Partai Nasdem. Ia mewakili bakal calon bupati Pidie Jaya dari jalur perseorangan, Yusri Yusuf.

Berdasarkan surat pelaporan dengan Nomor Registrasi 104/DKPP-PKE-II/2013, pokok aduan perkara ini adalah pencoretan Yusri Yusuf sebagai calon peserta Pilkada Pidie Jaya 2013. Alasan pencoretan ini adalah karena Yusri tidak menyerahkan surat pengunduran diri dari partai politik.

Alasan ini tidak dapat diterima oleh Pengadu dan dinilai sebagai bukti tidak profesionalnya para Teradu. Pasalnya, KIP Pidie Jaya tidak pernah mencantumkan persyaratan tersebut dalam surat keputusannya.

Kasus ini sebelumnya juga telah dilaporkan kepada pihak kepolisian. Selain itu Yusri juga membawa kasus ini ke Pengadilan Tata Usaha Nengara (PTUN). (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Sidang perdana dugaan pelanggaran kode etik Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Pidie Jaya, Aceh digelar, Rabu (11/9). Pada kesempatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News