Sikat Mafia Dwelling Time, Ini Jurus Ampuh Disiapkan Menko Rizal

Sikat Mafia Dwelling Time, Ini Jurus Ampuh Disiapkan Menko Rizal
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli . Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli bakal menggelar rapat untuk membahas masalah dwelling time atau lamanya waktu bongkar muat di pelabuhan. Seperti diketahui, Rizal diberi waktu selama sebulan untuk membenahi masalah dwelling time di pelabuhan oleh Presiden Joko Widodo.

Pria berkacamata ini akan menggunakan skema yang dulu pernah diterapkannya saat menjabat sebagai Menko Perekonomian. Rizal mengklaim, skema tersebut ampuh untuk mengatasi masalah dwelling time di pelabuhan.

"Kami minggu depan akan mulai rapat membahas dan membedah apa hal-hal yang bisa kami lakukan untuk mengurangi dwelling time. Dulu waktu saya (jadi) menko, kami bikin jalur merah dan jalur hijau di Bea Cukai," ujar Rizal di kediamannya kawasan Kemang, Jakarta, Minggu (23/8).

Dia menjelaskan, jalur hijau merupakan importir yang sudah terpercaya. Karena itu jalur hijau akan lebih diperbanyak. Sementara jalur merah akan lebih diperketat lagi pemantauannya.

"Jalur hijau itu artinya importirnya terpercaya, nggak aneh-aneh, nggak neko-neko nyaris lewat begitu saja, yang lain harus diperiksa jalur merah. Walaupun jumlahnya kecil, ini sering jadi permainan. Kami meminta supaya yang masuk jalur hijau lebih banyak. Jadi kami akan tingkatkan jumlah importir yang jalur hijau," tandas Rizal. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli bakal menggelar rapat untuk membahas masalah dwelling time atau lamanya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News