Silakan Cek, Data Terbaru Pasien Positif Covid-19 di KKU

Sabtu, 08 Mei 2021 – 23:55 WIB
Silakan Cek, Data Terbaru Pasien Positif Covid-19 di KKU - JPNN.com
Ilustrasi - Pasien Positif Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, KAYONG UTARA - Sebanyak 21 orang kasus baru konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kayong Utara (KKU) yang diumumkan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat belum lama ini telah melakukan isolasi mandiri di tempatnya masing-masing.

“Pada waktu diambil sampel swabnya mereka langsung melakukan isolasi mandiri. Hal itu karena kami begitu yakin hasilnya positif COVID-19 saat dilakukan pengambilan sampel," ujar Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Bambang Suberkah saat dihubungi di Sukadana, Sabtu.

Menurutnya, orang melakukan perjalanan ke luar Kayong Utara atau sebaliknya rentan terpapar COVID-19. Sehingga pihaknya selalu rutin di jalur masuk Kayong Utara untuk melakukan penelusuran, uji dan penanganan.

"Kami mengirimkan sampel pada orang yang bergejala khas. Kemudian mereka yang swab antigen positif jadi kebanyakan sampel yang kita kirim ke provinsi itu hasilnya positif," terangnya.

Ia menambahkan untuk kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di KKU dimulai dari desa untuk menyediakan posko dan melakukan kegiatan seperti penanganan, pencegahan dan sebagainya.

"Jadi kalau ada kasus positif kami lapor ke posko nanti posko yang mengawasi soal isolasi mandirinya, desa bisa mendukung logistiknya di sana," terangnya

Selain itu juga menurutnya untuk kegiatan penelusuran bisa melibatkan tiga pilar di desa agar berjalan dengan baik.

"Babinsa dan Bhambinkamtibmas juga bisa dilibatkan untuk melakukan pencarian dan melacak siapa - siapa yang melakukan kontak erat dengan kasus positif,"terangnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...