SILAKAN CEK! Sambut Natal, Rute Kapal Milik PT Pelni Diubah

SILAKAN CEK! Sambut Natal, Rute Kapal Milik PT Pelni Diubah
Kepala Operasi PT Pelni Cabang Ternate, Provinsi Maluku Utara, Heri Setiabudi. Foto: Dok. Malut Post/JPNN.com

jpnn.com, TERNATE - PT Pelni mulai hari ini, Jumat (15/12) mengubah rute pelayaran Kapal Motor (KM) Labobar. Perubahan ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru.

Pelabuhan terakhir yang dituju KM Labobar dari Papua adalah Pelabuhan Bitung. Kapal ini belum akan meneruskan pelayarannya hingga ke Surabaya.

“Perubahan rute ini sesuai peraturan Menteri Perhubungan, yang dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala Operasi PT Pelni Cabang Ternate Heri Setiabudi seperti dilansir Malut Post (Jawa Pos Group), Jumat (15/12).

Menurutnya, rute KM Labobar yang semula dari Surabaya - Balikpapan - Pantoloan - Sumbang - Bitung - Ternate - Sorong - Manokwari - Nabire - Serui - Biak - Jayapura PP, mulai 15 Desember trayeknya dimulai dari Bitung hingga Jayapura.

“Pelabuhan terakhirnya di Bitung, tak lanjut lagi hingga ke Surabaya,” jelas Heri.

Menurut Heri, rute Labobar kembali normal pada Januari 2018. Selain itu, kapasitas penumpang kapal milik PT Pelni akan ditambah. Begitu juga dengan kapal-kapal yang masuk Pelabuhan Ternate. Misalnya KM Dorolonda kapasitas penumpang 2.138 akan ditambah 1.286, KM Sinabung 1.906 ditambah 1.258 penumpang. KM Sangiang kapasitanya 548 penumpang ditambah lagi 171 penumpang.

Untuk KM Labobar memiliki kapasitas penumpang 3.076 ditambah 1.515 penumpang. “Kita mendapat dispensasi tambahan hingga 70 persen,” katanya.

Khusus untuk Ternate lonjakan penumpang tidak terlalu signifikan, namun mereka tetap mengambil langkah antisipasi. Selain itu, pihaknya menggelar rapat koordinasi dengan Pelindo dan KSOP Ternate untuk membicarakan persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru.

PT Pelni mengubah Rute KM Labobar di wilayah Indonesia bagian timur. Perubahan tersebut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat Natal dan Tahun Baru 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News