Silakan Simak Temuan BMKG soal Penyebab DKI Jakarta Kebanjiran Lagi

Silakan Simak Temuan BMKG soal Penyebab DKI Jakarta Kebanjiran Lagi
Sejumlah kendaraan menerobos banjir di Tol JORR, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2). Hujan yang mengguyur sejak Jumat (19/2) membuat Tol JORR terendam banjir. Foto : Ricardo

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (20/2) hingga Minggu (21/2).

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, salah satu penyebab banjir yang juga merendam sejumlah wilayah sekitar Jakarta itu ialah curah hujan tinggi pada 18-19 Februari 2021.

Kendati demikian, Guswanto menyatakan bahwa curah hujan selama dua hari itu  masih lebih rendah dibanding hujan pada awal Januari 2020 lalu.

"Ada beberapa faktor penyebab banjir di DKI Jakarta, yaitu hujan yang jatuh di sekitar Jabodetabek yang bermuara di Jakarta," kata Guswanto dalam keterangannya.

Guswanto menambahkan, Jakarta juga diguyur hujan dan ada pasang air laut. "Selain itu daya dukung lingkungan juga sangat berpengaruh," sambungnya.

Sebelumnya Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa pihaknya memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpotensi terjadi di DKI Jakarta pada 23-24 Februari 2021.

Hujan dengan intensitas tinggi itu berpotensi memicu kembali terjadinya banjir dan tanah longsor.

"(Hujan) akan meningkat kembali menjadi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada tanggal 23 sampai dengan 24 Februari," ujar Dwikorita.(cr1/jpnn)

BMKG mengungkap penyebab banjir yang terjadi di DKI Jakarta pada Sabtu (20/2) hingga Minggu (21/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News