Silaturrahmi, IKBMI Hadir di Pendiangan Jalur Kuansing

Silaturrahmi, IKBMI Hadir di Pendiangan Jalur Kuansing
Silaturrahmi, IKBMI Hadir di Pendiangan Jalur Kuansing

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Keluarga Masyarakat Indragiri (IKBMI) Jakarta, Susilowadi turut serta dalam acara melajur atau pendiangan (peresmian) jalur perdana di Desa Pintu Gobang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Kedatangan Susilowati adalah bentuk dukungan IKBMI terhadap budaya pacu jalur di Kuansing. "kehadiran IKBMI adalah salah satu sarana bersilaturahmi dengan warga Kuansing," kata Susilowati yang akrab disapa Bang Illo di Jakarta, Sabtu (22/2).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kuansing H Sukarmis. Ia kemudian didaulat untuk memberi nama jalur desa tersebut dengan nama ‘Tuah Kori Dubalang Rajo’.

Bupati mengungkapkan, acara melajur jalur yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pacu jalur adalah budaya yang sudah menjadi tradisi. Bahkan gaungnya sudah ke taraf nasional.

"Jadi kegiatan ini perlu kita pertahankan dan lestarikan terus dan tidak perlu gengsi dengan budaya kita. Apalagi kegiatan ini merupakan kelender pariwisata nasional," paparnya.

Kegiatan pacu jalur, kata H Sukarmis, memiliki banyak nilai-nilai dan norma yang terkandung di dalamnya. Karenanya, Sukarmis berharap, jalur yang di resmikan itu bisa meraih prestasi pada setiap even pacu jalur yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. (abu/jpnn)


JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Keluarga Masyarakat Indragiri (IKBMI) Jakarta, Susilowadi turut serta dalam acara melajur atau pendiangan (peresmian)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News