Simak! Gejala Asam Lambung Tak Boleh Diabaikan

Simak! Gejala Asam Lambung Tak Boleh Diabaikan
Ilustrasi. Foto: Thinstock

jpnn.com - Asam lambung adalah cairan yang dikeluarkan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung. Cairan ini bersifat asam sehingga bisa melumatkan makanan dan juga bisa mengikis lapisan lambung itu sendiri.

Asam lambung bisa menjadi berbahaya dan menimbulkan penyakit ketika diproduksi melebihi batas nomal. Akibatnya asam lambung akan naik ke atas yaitu ke kerongkongan (esofagus).

Nah, berikut ini beberapa gejala asam lambung yang tidak bisa Anda abaikan:

1. Heartburn

" Ini adalah gejala yang paling umum dari reflux asam," kata peneliti Felice Schnoll-Sussman, M.D., seperti dilansir laman Self.

Heartburn ditandai dengan sensasi terbakar di dada, tepat di belakang tulang dada Anda. Itu terjadi setelah makan. Hal ini bisa berlangsung beberapa menit atau beberapa jam. Nyeri dada, terutama setelah membungkuk atau berbaring dan terbakar di tenggorokan juga tanda-tanda Anda mengalami heartburn.

2. Regurgitasi

Sekitar 80 persen orang dengan GERD (gastroesophageal reflux disease) juga mengalami regurgitasi ketika makanan tidak tercerna dan asam lambung kembali ke atas dari perut ke kerongkongan.

Anda tahu perasaan bahwa ketika bersendawa dan mendapatkan sedikit rasa dari makanan terakhir Anda (tapi, seperti, dicampur dengan muntah). Makan makanan besar, berolahraga atau membungkuk setelah makan bisa memicu regurgitasi. Tetapi juga bisa terjadi tiba-tiba.

3. Rasa asam di mulut

Sejumlah orang dengan refluks asam mengalami rasa asam di mulut mereka. Hal ini juga mungkin terasa pahit dan bisa menyebabkan bau mulut. Hal ini biasanya terjadi bersama dengan regurgitasi.

4. Kesulitan menelan

Ini disebut disfagia. Itu membuatnya memakan waktu lebih lama untuk mendapatkan makanan turun dan bisa merasa seperti makanan menempel di kerongkongan.

5. Batuk kronis

Alasan banyak orang dengan GERD mengembangkan batuk kronis tidak jelas. Tetapi ada dua teori dalam komunitas medis. Salah satunya adalah bahwa batuk terjadi sebagai ukuran pelindung ketika sejumlah kecil asam mencapai ke laring, yang bertindak sebagai saluran udara ke paru-paru.

Teori lain adalah bahwa batuk hanyalah sebuah reaksi refleks untuk apa yang terjadi di bagian atas saluran pencernaan Anda.

6. Suara serak atau sakit tenggorokan

Ketika asam lambung bergerak naik kerongkongan hal ini bisa mengiritasi pita suara. Hal ini sering lebih buruk di pagi hari, setelah berbaring sepanjang malam dan mungkin mereda sepanjang hari. Iritasi konstan ini juga bisa membuat tenggorokan terasa sakit sedikit.(fny/jpnn)


Asam lambung adalah cairan yang dikeluarkan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung. Cairan ini bersifat asam sehingga bisa melumatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News