SIMAK! Ini 10 Fungsi Dahsyat dari Wortel

SIMAK! Ini 10 Fungsi Dahsyat dari Wortel
Ilustrasi. Foto: dok. JPNN

Wortel adalah tambahan lezat untuk sup, salad dan jus. Tanaman yang satu ini juga baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruha mulai dari kulit, mata, gigi dan pencernaan.
Berikut ini beberapa alasan, Anda harus mengonsumsi lebih banyak wortel, seperti dilansir laman Care2:

1. Beta karoten

Wortel sangat kaya antioksidan dan bisa dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

2. Pencernaan

Wortel meningkatkan air liur dan menyediakan mineral penting, vitamin dan enzim yang membantu pencernaan. Mengonsumsi wortel secara teratur bisa membantu mencegah ulkus lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Alkaline

Wortel kaya akan unsur-unsur alkali yang memurnikan dan merevitalisasi darah sambil menyeimbangkan rasio asam / basa tubuh.

4. Kalium

Wortel adalah sumber potasium baik yang bisa membantu menjaga kadar sodium sehat dalam tubuh, sehingga membantu mengurangi tingkat tekanan darah tinggi.

5. Dental Health

Wortel membunuh kuman berbahaya di mulut dan membantu mencegah kerusakan gigi.

6. Luka

Wortel mentah atau parut bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dan peradangan.

7. Fitonutrien

Wortel mengandung phytonutrisi yang disebut falcarinol, yang bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Tak hanya itu, wortel juga membantu kesehatan usus besar secara keseluruhan.

8. Karotenoid

Wortel kaya akan karotenoid untuk membantu mengatur gula darah.

9. Fiber

Wortel tinggi serat larut, yang bisa mengurangi kolesterol dengan cara mengikat bentuk LDL (jenis kolesterol yang tidak kita inginkan) dan meningkatkan bentuk HDL (jenis kebutuhan tubuh kita) untuk membantu mengurangi pembekuan darah dan mencegah penyakit jantung .

10. Nutrisi dalam wortel meningkatkan kesehatan mata, kulit, rambut dan kuku dan membantu untuk mendetoksifikasi sistem Anda dan membangun sel-sel baru.(fny/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News