Cek di sini, Dampak Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Cek di sini, Dampak Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan
Ilustrasi. Foto Catholiclane

jpnn.com - TIDUR cukup adalah salah satu kunci kesehatan. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur siang yang lama tidak baik untuk jantung Anda.

Para peneliti menemukan bahwa tidur siang yang panjang dan berlebihan di siang hari dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan, yang dikenal sebagai sindrom metabolik. Hal tersebut, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Sindrom metabolik mencakup kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan kelebihan lemak di sekitar pinggang.

Para peneliti menganalisis temuan dari 21 studi yang melibatkan lebih dari 307.000 orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang tidur siang selama kurang dari 40 menit, tidak meningkatkan risiko sindrom metabolik.

Bahkan, mereka yang tidur siang kurang dari 30 menit memiliki sedikit penurunan risiko. Tapi ada kenaikan tajam dalam risiko tersebut, yakni bagi mereka yang tidur siang lebih dari 40 menit.

Misalnya, tidur siang lebih dari 90 menit tampaknya meningkatkan risiko sindrom metabolik sebanyak 50 persen. Kajian ini juga menemukan bahwa tidur siang selama lebih dari satu jam atau menjadi terlalu lelah di siang hari, bisa meningkatkan risiko 50 persen lebih tinggi untuk diabetes tipe 2.

Namun, penelitian ini hanya menemukan hubungan antara faktor-faktor ini dan tidak membuktikan bahwa kantuk yang berlebihan dan tidur lama sebenarnya menyebabkan sindrom metabolik atau diabetes. Temuan tersebut nantinya akan dipresentasikan di American College of Cardiology (ACC) di Chicago.

"Tidur siang adalah hal yang lazim di seluruh dunia," kata penulis studi Dr. Tomohide Yamada, seperti dilansir laman Health, Rabu (20/4).

TIDUR cukup adalah salah satu kunci kesehatan. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur siang yang lama tidak baik untuk jantung Anda. Para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News