Simak Ini Tiga Vaksin Baru dari Kemenkes

Simak Ini Tiga Vaksin Baru dari Kemenkes
Vaksin. Foto: JPG

jpnn.com - JPNN.com--Awal 2017, Kementerian Kesehatan RI akan mengupayakan penambahan tiga jenis vaksin kekebalan untuk melengkapi program nasional imunisasi dasar lengkap.

Ketiganya adalah vaksin Measles Rubella (MR); Pneumococcus; dan Human papillomavirus (HPV) untuk mencegah kanker serviks.

“Sampai dengan 2019 kita akan menambah imunisasi baru, yang disebut New Vaccine Initiative. Tahun ini, kita akan melakukan demonstrated project (bukan pilot project), karena vaksin ini telah diuji di berbagai negara, jadi tinggal kita laksanakan”, tutur Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI H.M. Subuh pada gelaran temu media akhir tahun Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Menurut dokter Subuh, vaksin MR untuk menggantikan vaksin campak akan mulai diterapkan secara berkala mulai Januari 2017.
Selanjutnya, vaksin Pneumococcus sebagai proteksi bagi anak-anak dari ISPA akan mulai diterapkan pada pertengahan tahun.

Sedangkan vaksin HPV yang sebenarnya sudah mulai diperkenalkan pada program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) 2016 di DKI Jakarta akan dikembangkan lebih luas pada 2017.

“Sampai dengan tahun 2025 kita akan bertambah 3 imunisasi lagi. Jadi total nantinya imunisasi dasar lengkap nantinya ada 14. Kalau sudah punya kekebalan dari 14 penyakit, berarti kita sudah bisa sama dengan negara Eropa dan Amerika”, kata dr. Subuh.

Imunisasi melindungi anak-anak dari beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kecacatan, bahkan kematian.

Jadi, imunisasi adalah salah satu langkah tepat bagi orang tua untuk menjamin kesehatan anaknya.

JPNN.com--Awal 2017, Kementerian Kesehatan RI akan mengupayakan penambahan tiga jenis vaksin kekebalan untuk melengkapi program nasional imunisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News