Simak nih Omongan Mbak Titi soal Potensi Golput di Pemilu 2019

Simak nih Omongan Mbak Titi soal Potensi Golput di Pemilu 2019
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sejak pemilu 1999, kecenderungan pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya cenderung meningkat. Khususnya, pada tiga edisi pilpres terakhir. KPU dan parpol dituntut bekerja lebih keras untuk menurunkan tingkat golput pada pemilu tahun ini.

Tuntutan itU disuarakan dalam diskusi yang melibatkan sejumlah elemen masyarakat sipil di Jakarta Selatan, Minggu (3/2). Itu setelah muncul kelompok yang memprotes kegaduhan pilpres dengan mengajak masyarakat untuk golput.

’’Pemilu itu bukan hanya pilpres. Kita ada lima surat suara yang berbeda,’’ ujar Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi Titi Anggraini.

Selama ini, tingkat partisipasi pemilu memang berbeda, bahkan berbanding terbalik antara pilpres dan pileg. Saat masih terpisah, tingkat partisipasi pileg selalu lebih tinggi dari pilpres. Selain itu tren partisipasi pemilih pada pileg selalu meningkat kecuali 2009. Sementara, partisipasi pemilih pada pilpres konsisten turun.

Tahun ini, pileg dan pilpres dilangsungkan bersamaan. Persoalannya, ruang publik terlanjur didominasi oleh kegaduhan pilpres, alih-alih semaraknya pileg. ’’Maka harus dilakukan cara-cara supaya bukan golputnya yang naik seperti pilpres, melainkan golputnya turun seperti pileg,’’ lanjut perempuan asal Palembang itu.

BACA JUGA: 9 Kepala Daerah di Malut Dukung Jokowi, Termasuk Satu Anak Buah SBY

Bila dominasi pilpres itu berlanjut, bisa berbahaya karena golput berpotensi meningkat. Misalnya, orang memutuskan golput karena menganggap pilpres tidak sesuai harapan.

Padahal, masih ada empat surat suara lain yang juga perlu mendapatkan perhatian. Bila pemilih memutuskan golput karena alasan pilpres, maka pileg juga akan terdampak.

Ancaman golput masih belum bisa lepas dari penyelenggaraan pemilu pascareformasi, termasuk di Pemilu serentak 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News