Simak Nih, Trik Agar Lindung Nilai Tak Ganggu Laporan Laba Rugi

Simak Nih, Trik Agar Lindung Nilai Tak Ganggu Laporan Laba Rugi
Ilustrasi. JAWA POS GROUP

jpnn.com - BANYAK komponen yang bisa memengaruhi laporan laba rugi. Misalnya pendapatan, biaya operasi, biaya bunga dan lainnya. Nah, dalam praktiknya, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bisa membuat perusahaan menderita kerugian.

Tapi, tenang saja. Ada trik untuk mengatasinya, yakni dengan lindung nilai (hedging). 

Kepala Divisi Treasury PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Branko Windoe mengatakan, sebagian pengusaha dan pemerintah kini sudah sadar pentingnya lindung nilai.

Seperti diketahui, pengusaha dan pemerintah sebelumnya jarang melakukan lindung nilai ini. Sebaliknya, praktik ini sudah sangat umum dijumpai di perusahaan-perusahaan asing, mereka setidaknya melakukan lindung nilai sebesar 50 persen dari aktivitas bisnisnya.

Hal ini dikarenakan cakupan operasional bisnis yang tak hanya di satu negara saja. 

“Perusahaan multinasional sadar bahwa lindung nilai perlu dilakukan karena operasi perusahaan terjadi di banyak negara dan ini punya potensi kerugian akibat nilai tukar,” ujarnya.

 

Sebagai informasi, Bank Indonesia juga sudah mewajibkan transaksi lindung nilai guna menekan risiko nilai tukar dan meningkatkan kegiatan investasi di Indonesia pada 2013 lalu.

BANYAK komponen yang bisa memengaruhi laporan laba rugi. Misalnya pendapatan, biaya operasi, biaya bunga dan lainnya. Nah, dalam praktiknya, fluktuasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News