SIMAK! Pandangan Ibas Tentang Guru dan Wacana Full Day School

SIMAK! Pandangan Ibas Tentang Guru dan Wacana Full Day School
Anggota Komisi X DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). FOTO: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan pendidikan mempunyai peranan sangat penting, strategis dan menentukan perkembangan peradaban suatu bangsa.

Karena itu, menurutnya, mutu pendidikan harus terus ditingkatkan, mulai dengan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada penduduk untuk mengenyam pendidikan, hingga pada peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan.

“Selain faktor sarana dan prasarana, yang tidak kalah pentingnya peningkatan kualitas standar guru,” kata Ibas di sela-sela acara peninjauan sarana dan prasarana pendidikan, empat ruang kelas baru tahun anggaran 2016 di SD, SMP dan SMK Al-Amnaniyah, Desa Bangon Karangjati, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (10/8).

Guru, menurut Ibas, merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan VII Jawa Timur ini, mengakui masalah pendidikan sangat kompleks. Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional terkait dengan kualitas guru, sarana dan prasarananya dan sistem pengajaran sehingga mampu menghasilkan lulusan yang baik.

Khusus masalah kualitas guru, sesuai amanat Undang-Undang Guru dan Dosen, syarat untuk menjadi guru kualifikasinya harus S1.

"Masalahnya, masih banyak guru yang belum memenuhi kualifukasi S1. Ini yang harus menjadi perhatian kita, termasuk pemerintah. Jadi peranan guru sangat penting, karena itu harus ada perhatian terhadap guru," tegasnya.

Karena itu, Ibas mengapresiasi setiap wacana yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas anak didik. Termasuk School Full Day yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

JAKARTA – Anggota Komisi X DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan pendidikan mempunyai peranan sangat penting, strategis dan menentukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News