Tips Jaga Kesehatan untuk Jamaah Haji

Tips Jaga Kesehatan untuk Jamaah Haji
Ratusan jemaah haji kloter pertama tiba di asrama haji embarkasi Medan Jalan A.H Nasution Medan, Senin (8/8). Setelah menginap, mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Foto: SUTAN SIREGAR/SUMUT POS/JPNN.com

jpnn.com -  

JAKARTA – Sebanyak 168.800 jamaah haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Gelombang pertama dari tanggl 9-21 Agustus 2016 dengan tujuan ke Madinah terlebih dahulu. 

Rombongan kedua dari tanggal 22 Agusuts 2016 sampai 4 September 2016 langsung ke Jedah. Rombongan haji ini terdiri atas 155.200 kuota haji regular dan 13.600 kuota haji khusus.

Saat ini cuaca di Mekah maupun Madinah cukup panas siang hari lebih dari  40 derajat celcius. Yang perlu diantisipasi atas suhu udara yang tinggi ini adalah terjadinya dehidrasi. 

Wakil Ketua PB Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB mengingatkan pentingnya para jamaah menjaga kesehatan.

“Yang utama adalah tetap mempertahankan minum 3-4 liter makin sering terpapar udara panas jumlah cairan yang diminum juga harus ditingkatkan. Jika tidak diantisipasi lebih lanjut kondisi panas ini dapat menyebabkan terjadi heat stroke, suatu keadaan mengancam jiwa akibat suhu tubuh yang meningkat sampai 40 derajat celsius akibat suhu di luar yang tinggi,” terangnya, dalam keterangan tertulis kepada wartawan.

Kloter-kloter  rombongan haji yang pertama sebagian berangkat langsung ke Medinah sebagian ke Jeddah  dan selanjutnya akan  menuju Madinah terlebih dahulu untuk ziarah ke Masjid Nabawi. Selama di Madinah jamaah haji akan melaksanakan  Sholat Arbain (Sholat berjamaah 40 waktu)  di Mesjid Nabawi. 

Umumnya para jamaah berusaha untuk dapat melaksanakan Sholat Arbain ini dengan lengkap. “Yang harus diperhatikan udara panas dan aktivitas di udara terbuka yang sebaiknya dihindari,” ujar staf pengajar Fakultas Kedokteran Univesritas Indonesia (UI) Jakarta itu.

  JAKARTA – Sebanyak 168.800 jamaah haji Indonesia sudah mulai diberangkatkan ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji. Gelombang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News